Fitur Web

product 1

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque nec dictum tortor.

Data Online

product 1

Proin eleifend quam eu purus aliquet scelerisque. Sed non nibh a urna tristique vestibulum.

Agenda

product 1

Morbi suscipit, nisl eget porttitor hendrerit, arcu sapien cursus enim, id luctus felis metus urna.

★ MAAF WEBSITE INI DALAM TAHAP PERBAIKAN. KAMI SEGERA KEMBALI ★
Diberdayakan oleh Blogger.

Perjalanan Awal Sebuah Pengabdian di Distrik Pyramid

KOPPAJA PAPUA | 22.20.00 | 0 komentar

Sandiwara Langit di Distrik Pyramid Kabupaten Jayawijaya Propinsi Papua

Perjalanan Awal Sebuah Pengabdian di Distrik Pyramid Kabupaten Jayawijaya Papua
Oleh : B.M.Taburay 

SMPN 2 Asologaima
SMPN 2 Distrik Pyramid
Sejak September 2014 lalu, aku di tempatkan untuk mengajar di SMPN 2 Asologaima. Sebuah sekolah menengah pertama yang terletak di kecamatan Pyramid (distrik Pyramid), kabupaten Jayawijaya, Papua. Kabupaten Jayawijaya tergolong daerah maju bila dibandingkan dengan kabupaten di sekelilingnya, karena kabupaten ini merupakan kabupaten induk sebelum adanya pemekaran.

Meskipun demikian, ada beberapa kecamatan di kabupaten ini yang masih tergolong daerah tertinggal dan sepertinya sulit untuk berkembang, salah satunya adalah kecamatan dimana aku ditempatkan, yaitu kecamatan Pyramid (distrik pyramid). Daerah ini adalah daerah perbatasan antara Kab. Jayawijaya dan Kab. Lany Jaya.

Fasilitas umum didaerah ini masih sangat minim. Akses komunikasi juga sulit karena belum ada sambungan telepon. Sinyal HP juga susah didapatkan. Kalaupun ada, itu harus ke tempat-tempat tertentu saja. Daerah ini cukup dikenal oleh banyak orang. Bahkan dari kabar-kabar yang beredar, daerah ini adalah tempat bagi Organisasi Papua Merdeka (OPM).

            Berdasarkan keterangan yang aku dapatkan dari kepala sekolah, nama kecamatan Pyramid diambil dari sebuah gunung berbentuk seperti piramida yang terletak di tempat ini. Orang yang pertama kali memberi nama Pyramid adalah orang barat yang datang ke Papua sebagai misionaris.

            Aku dan beberapa teman tinggal di perumahan guru berbentuk mes yang terdiri dari beberapa bilik. Sebuah bilik ditempati oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan apabila beliau datang dari Wamena, dan sebuah bilik lagi tempat kami tinggal.
Posko
Ketika malam tiba, suasana terasa sangat sunyi dan sepi, seolah seperti tinggal di daerah hutan. Hanya ada suara-suara binatang malam yang saling bersautan. Suasana malam di tempat ini juga bertambah seram karena persis di depan posko kami terdapat bangunan tua yang sudah tidak berpenghuni sejak tahun 2000, tepatnya saat terjadi kasus wamena bedarah. Menurut informasi yang aku dapat, banyak guru-guru yang berasal dari jawa kembali pulang karena tidak tahan dengan situasi yang memang terasa mencekam.
Rumah Kosong
Di sebelah kanan rumah kami terdapat bangunan sekolah yang sudah tua dan juga sepertinya kurang perawatan, yang setiap hari kami gunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Banyak paku-paku atap (seng) bangunan ini yang sudah lepas. Sehingga ketika hujan akan datang, hembusan angin yang bertiup cukup kencang akan menimbulkan bunyi berisik tersendiri.
Di belakang sekolah terdapat sebuah komplek pekuburan milik warga Pyramid. Seolah mengingatkan kami agar selalu ingat akan kematian, juga keikhlasan dalam memberikan pendidikan kepada anak didik kami di sini. Terkadang aku duduk termenung sambil berfikir mungkin inilah hikmah Allah SWT tempatkan kami di sini dengan kondisi seperti ini.

            Hari-hari pertama mengajar di SMPN 2 Asologaima, jujur, aku tidak bisa mandi pagi ketika hendak berangkat ke sekolah. Karena bagiku airnya terasa begitu dingin. Bagaikan air yang baru keluar dari freezer. Hehe, maklumlah, sebelumnya aku sudah lama tinggal di Pekanbaru, daerah yang terkenal cukup panas. Sehingga aku hanya cuci muka, gosok gigi, dan basuh kepala secukupnya. Namun seiring berjalannya waktu, aku mulai terbiasa dengan mandi pagi. Bahkan kini sudah menjadi kebiasaan dan berangsur menjadi kebutuhan.

Cerpen By B.M.Tabuni

Category: , , , , , , , ,

Penonggalo: Nawi Timo Ramo . I'm administrator of Www.distrikpyramid.gov.id. This blog was opened for Demo test .

0 komentar

Terimakasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan, pesan, kritik, saran dan komentar dari anda yang sangat kami harapkan.Wa..Wa..Wa..!

  • Cougar

    Cougar

  • Lions

    Lions

  • Snowalker

    Snowalker

  • Howling

    Howling

  • Sunbathing

    Sunbathing

Warning :

Situs ini adalah situs percobaan dalam proyek Citizen Journalism yang dikembangkan oleh Perkumpulan Penonggalo Limbu. Seluruh isi situs ini berada dalam lisensi CC-BY-SA. Anda diperkenankan untuk BERBAGI (menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun)dan ADAPTASI (menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi iniuntuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial). Informasi dalam situs ini masih harus dikonfirmasi kepada pengelola situs di distrikpyramid@gmail.com (B.Michael Tabuni/Pengembang Proyek)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

SUARA PUBLIK

Anda punya keluhan atau pendapat terkait pelayanan umum ? Jangan pendam sendiri. Anda punya hak untuk bersuara.

Kirim SMS ke : 081344172089, 081333288138

Punya masalah dengan layanan public, dari gangguan telepon, listrik, air, pajak, parker, dan layanan umum lainnya ? kirim ke harian online kami, lengkapi identitas diri dan nomor kontak yang mudah dihubungi.

FAKSIMIL : SURAT : EMAIL :
0341-8414024 Jl. Trans Wamena-Tiom distrikpyramid@gmail.com